Sunday 31 January 2016

No Place In Heaven (Part 3)

Yak! Sudah berada, selain di akhir Januari, di bagian terakhir ripiuw atau ceritaan gue tentang lagu MIKA dari album terbarunya No Place In Heaven (NPIH). Sebenernya belom mau gue tulisin sekarang. Cuma gue pikir, keknya oke kalo rangkaian NPIH gue kelarin semua di Januari. Biar postingan blog gue di bulan Januari juga genap 4 bijik gitu.

Baiklah, kalau begitu mari kita selesaikan apa yang sudah kita mulai!

Kalo menurut gue, lagu ini seperih Overrated yang versi studio dan I See You di album The Boy Who Knew Too Much (TBWKTM). Buat gue, sebuah lagu dengan lirik menyayat hati kalo dinyanyiin hanya dengan iringan piano yang bernada sedih itu bikin perihnya terasa ke sumsum tulang.

Pengalaman pertama denger lagu macem ini dari MIKA adalah pada lagu I See You. Memang gag cuma ada suara piano di lagu itu, tapi karena suara yang dominan masuk ke telinga gue dan lagu ini juga ditemenin suara biola di mana alat musik tersebut sudah gue cap sebagai perih-maker, jadilah gue masukin I See You ke daftar lagu perih. Mana liriknya kek begitu lagi ceritanya. Kan perih...

Terus kalo gag salah abis konsernya MIKA gue dapetin lagu-lagunya yang unrelease gitu. Judulnya Studio Outtakes. Gag tau itu sumber gue dapetin dari mana macem gituan. Yang jelas, salah satu lagu versi studio tersebut ada yang judulnya Overatted. Lirik dari itu lagu masih belom begitu mudeng gue ampe sekarang. Tapi karena itu lagu dimainkan hanya dengan piano bernada sedih dan dinyanyikan dengan cara pedih, ampe sekarang gue masih yakin kalo lagu itu sanggup bikin yang denger merasakan perih. Coba deh lo cari itu lagu. Terus lo ceritain kesan pesannya setelah dengerin itu lagu. Tapi sebelumnya lo harus menjauhkan segala benda tajam di dekat lo kalo mau dengerin lagu ini. Dan sangat tidak dianjurkan untuk didengerin di balkon, atap rumah, atau deket jendela sebuah ruangan dari gedung tinggi.

Nah, si Hurts ini rasanya kek kedua lagu yang gue ceritain di atas! Perih dari segala sisi. Udahlah lagunya tentang pisah-pisahan yang gag dengan cara baik-baik, diiringi cuma dengan piano, terus MIKA nyanyiinya begitu pula. Hayati gag kuat, bang. ( ._.)/||

Gue yang pas dengerin buat mendalami makna dan emosi dari lagu ini lagi gag kenapa-kenapa, tau-tau langsung merasa perih dan baper total setelah ngeh dan ngerti. Kemasokisan gue kumat pas denger ini lagu. Karena udah tau dan sadar kalo ini lagu perih banget rasanya, tapi gue ulang-ulang aja dong selama perjalanan pulang abis liburan di Anyer 2 bulan lalu. Perih-perih enak gitu. xD

Lagu ini menceritakan kalo semua yang bikin sakit dari perpisahan yang gag secara baik-baik adalah perkataan  yang diucapkan saat itu. Lebih asik ketika itu terjadi mending ngeboong aja deh karena ada hal-hal yang lebih baik gag diucapkan. Karena kalo itu hal diucapkan malah sanggup bikin hati sakit. Meski dibilang itu hanya kata-kata saja yang maknanya bisa pudar seiring berjalannya waktu, tetep aja di saat tertentu hal tersebut masih bisa terus terngiang. Akhirnya hati dan perasaan yang tadinya udah gag kenapa-kenapa karena itu, bisa jadi perih dan pedih kembali.

Anjir gue nulis beginian aja baper. Udah ah, lanjut ke lagu berikutnya!

Seperti yang pernah gue bilang di postingan ini, cowok ganteng satu ini tuh pinter banget bikin orang kecele sama lagu yang dia bikin. Maksudnya? Iya, dia bisa 'nyembunyiin' tragedi atau kepedihan dengan musik ceria bagi lagu-lagunya yang memililki tema gloomy. Seperti lagu ini.

Ceritanya adalah kek didatengin sama crush gue yang udah married dan punya anak. Dia dateng untuk curhat kalo dia abis ditinggalin sama istrinya buat seorang cowok yang baru dia kenal. Gue yang iba pun bilang dalem hati, "kalo gue yang jadi istri lo, lo gag bakal ancur kek gini.". Terus kalo gue peratiin ya, si "gue" pada lagu ini semacam melancarkan sedikit modus untuk deketan sama si crush tersebut. Itu sih menurut gue. Kalo menurut lo gimana?

Nah, tragedi si crush itu dibalut dengan musik yang yahud bagai melupakan kalo sebenernya lirik lagu ini sungguhlah bikin iba. Macem lagu Dr. John dari TBWKTM gitu deh. Lagunya dibikin catchy dan menyenangkan. Padahal mah kalo lo peratiin liriknya bisa langsung nyebut seketika.

Lagu ini sering bikin gue emosi jiwa kalo mau update di Path. Judulnya yang  sama kayak lagunya Duran Duran bikin ini lagu membutuhkan usaha ekstra untuk dicari pas album ini baru akan dirilis seminggu lagi. Tapi sekarang mah udah gampang alhamdulillah.

Kalo menurut gue, ini lagu mencerminkan rasa frustasi seseorang akan hidupnya yang gini-gini aja di segala aspek. Apa pun yang dia lakukan gag pernah beres. Entah sial entah apa deh. Ampe akhirnya dia pen cabut aja pindah ke kota lain buat memulai hidup baru. 'Menciptakan' alter ego biar hidupnya di tempat baru gag se-lame di tempat asalnya. Yah, kira-kira begitulah.

Musik di lagu ini sungguhlah asik. Gue ngerasanya kek, "Hhh... Idup gue gini amat. Joged aja deh gue.". Dan entah mengapa, gue merasakan aura pantai yang dihasilkan oleh musik di lagu ini. Entah emang karena musiknya ato guenya emang lagi ngidam maen di pantai, sih. Tapi di bayangan gue tuh MIKA pake kemeja putih, celana pendek santai warna biru tua, sendal jepit item, topi jerami kek punyanya Luffy di One Piece, dan kacamata item gitu sambil rebahan di kursi yang dijagain payung gede biar gag kepanasan.

Okay, gue musti berenti sekarang...

Meski lagu ini diperlakukan bagai Hurts, tapi gue gag merasa ini bagai lagu tersebut. Karena meski hanya ditemani suara piano dan lirik yang (menurut gue) terdengar sedih, lagu ini belum cukup untuk memuaskan hasrat memedihkan emosi diri kayak kalo denger lagu Hurts.

Membaca liriknya, gue makin merasa kalo ini semacam keluh kesah seseorang abis berantem gede sama kekasihnya. Selain berkeluh kesah dan berintrospeksi, objek penderita di lirik ini juga mempertanyakan apakan cintanya selama ini emang gag se-spesial itu buat kekasihnya.

Setidaknya itu sih visualisasi yang tampil di kepala gue tentang lagu ini.

Di part 1, gue sempet bilang kalo ada lagu di album ini yang style-nya mengingatkan gue pada lagu lain. Nah, inilah lagu yang gue maksud.

Style musik di lagu ini mengingatkan gue pada style-nya Maroon 5. Hah? Belah manah? Lo cobain deh itu dengerin musik di bagian chorus. Pas gue denger preview-nya di iTunes udah langsung 'ting!' otak gue nyaut ke salah satu lagu Maroon 5 yang pernah gue dengerin.

Hal macem ini udah pernah dibikin juga sama MIKA. Di album The Origin of Love (TOOL), ada salah satu lagunya yang berjudul Step With Me yang pas didengerin, lo bakal berasa kek dengerin lagunya Jason Mraz. Gag tau kenapa deh. Ampe sekarang masih gitu.

Kalo dari segi lirik, gue sih menyimpulkan dengan buta kalo ini semacam curhat lagi dari MIKA. Terlihat dari bait pertama yang kalo menurut gue, sebagai fans garis keras yang hobi berteori, adalah deskripsi tentang dirinya. Coba perhatikan 2 baris pertama di awal lagu yang berbunyi seperti ini:
I was born in that summer when the sun didn't shine
I was given a name that doesn't feel like it's mine
Baris pertama menunjukan tentang waktu kelahirannya yaitu sebuah malam di bulan Agustus. Biasanya di negara-negara yang berada di atas garis khatulistiwa, bulan Agustus termasuk musim panas. Kenapa gue menyimpulkan dia lahirnya malem? Karena di musim panas gag mungkin matahari gag bersinar kecuali itu adalah malam hari. Bisa aja sih pas hujan. Tapi sepengetahuan gue, kalo lagi musim panas, sangat kecil kemungkinan turunnya hujan.

Terus di baris kedua di mana tertulis kalo si dia dikasih nama yang gag terasa seperti nama dia. Seperti semesta ketahui, nama lengkap MIKA adalah Michael Holbrook Penniman Jr. yang berarti itu sebelumnya merupakan nama bapaknya MIKA. Gidu.

Dengan lagu ini gue bisa menyatakan kalo lagu-lagunya MIKA sudah sepenuhnya kembali ke fitrahnya. Ini adalah lagu keempat yang hanya menggunakan piano sebagai instrumennya. Cakep.

Kalo lagu Ordinary Man tadi menggambarkan seseorang yang abis berantem sama kekasih, lagu ini bisa jadi semacam penggambaran betapa rapuhnya keadaan hati setelah berpisah dari sang kekasih yang disayang. Terlihat dari metafora porselen yang digunakan di sini. Porselen begitu rapuh. Untuk yang di lagu ini, hembusan napas aja sanggup bikin si porselen hancur berkeping-keping.

Gue rasa nih, lagu Hurts, Ordinary Man, dan Porcelain bisa dibilang semacam trilogi keadaan seseorang yang abis putus dari kekasihnya gidu. Urutannya: Ordinary Man, Hurts, dan Porcelain sebagai penutupnya. Kalo mau lebih combo breaker lagi, setelah Porcelain bisa loh ditambahin Overrated.

Tapi ingat, jangan dengerin rangkaian lagu tersebut dekat jendela dan benda-benda tajam. Jangan.

Ini adalah bonus yang hanya terdapat di versi deluxe NPIH. Tapi sayangnya, album yang gue beli gag ada trek ini. Kan kampret. Untungnya ada Deezer. Jadi gue masih bisa dengerin lagu ini secara rutin.

Beberapa hari yang lalu, gue sempet cari arti dari lirik lagu ini di Google Translate. Hasilnya mengejutkan sodara-sodara! Ketika gue baca, yang gue pahami adalah lagu ini terasa sekali aura mabok cinta yang sungguh dangdut bagai lirik di lagu Origin of Love album TOOL! Ner bener dah ah. Gue kira kan di album ini si doi udah 'waras'. Ternyata masih. xD

Coba gih diterjemahin lirik lagu ini di Google Translate. Terus kasih tau pemahaman lo akan liriknya ke gue. Karena mungkin interpretasi gue dan orang lain yang baca bisa aja bertolak belakang banget.

Udah gitu, musik di bagian chorus ini pun mengingatkan gue pada bagian bridge lagu Celebrate versi akustik pun. Gue menyadarinya tentu saja ketika denger preview-nya di iTunes.


Pasti gembira akhirnya gue kelar ngoceh-ngoceh tentang lagu-lagu di album NPIH? Tapi gembira, kan? Kalo gag, ngapain lo baca sampe sini coba. Yegak? Yegak?

Tengs udah baca cuap-cuap sotoy gue dalam rangka menceritakan (bahasa kerennya: me-review) album teranyar MIKA yang berjudul No Place In Heaven. Abis ini, gue akan istirahat sejenak untuk gag ngomongin MIKA di blog gue. Biar elo elo semua gag pada bosen. Aha~


Cheers! ^^

No comments:

Post a Comment