Tuesday 22 March 2016

Ketika Taksi di Jakarta Mogok Rame-Rame

Tadinya gue mau ngepost tentang video klip terbarunya MIKA yang ternyata bukan cuma yang judulnya Hurts aja. Tapi di postingan ini gue udah janji kalo setelah cerita tentang No Place In Heaven kelar, gue gag bakal ceritain tentang MIKA dulu biar viewers gue gag pada bosen liat gue ngomongin lakik kutilang ganteng asal Lebanon ini. Jadi baiknya gue nulis tentang hal lain. Kebetulan si hal lain ini lagi ngiter-ngiter di kepala gue udah sejak beberapa bulan yang lalu namun gue rasa hari inilah puncaknya. Hal lainnya apa sih emang?



Jadi hari ini tuh angkutan umum di Jakarta, khususnya taksi, pada mogok dan demo. Lah ngapain tumben taksi demo?Biasanya bis kota sama angkot kan kalo yang demen demo? Ternyata agenda demo mereka adalah memprotes keberadaan mobil tambangan berbasis aplikasi online (Yuk sebut merk: Uber dan GrabCar) yang setahun belakangan lagi ngehits banget di Jakarta.



Gue udah lama sih pen ngomongin soal clash beginian. Pertamanya dari clash ojek pangkalan sama ojek berbasis aplikasi online macem Gojek dan GrabBike. Cuma kemaren pas gue mau bikin tulisan tentang itu, rasanya kek udah basi gitu. Soalnya udah gag ada lagi pemberitaan tentang ojek pangkalan kurang piknik yang nolak-nolak ojek online. Gue rasa mereka udah akur.


Dan kali ini giliran taksi yang gerah sama mobil tambangan online. Jengjeng!



Jam 12 siang gue turun dari singgasana gue menuju dapur yang bertivi. Bokap lagi nonton briking nyus di KompasTV tentang taksi-taksi yang pada berenti di sepanjang jalan Gatot Subroto dan Sudirman-Thamrin. Yawla banyak banget ternyata itu taksi kalo dikumpulin. Dan seperti yang bisa diprediksi, jalanan Jakarta di area yang gue sebutin barusan jadi padet ngerayap kalo kata lumpuh kurang cocok sama kondisi ini.



Sempet juga gue liat di tipik itu para supir taksi biru dan taksi putih lempar-lemparan batu sama, kalo kata di berita, kang Gojek. Duhilah pak, ribet idup lu pada. Ada juga gambar ketika para supir taksi bakar ban DI TENGAH jalan tol area Gatot Subroto. Gue rasa beberapa supir taksi yang bakar ban itu anak IISIP (internal jokes alert).



Sejak jaman gue masih sering gaul sama anak-anak pergerakan di kampus ampe sekarang temen-temen gue yang anak-anak pergerakan itu udah pada lulus, gue masih gag suka sama adanya demonstrasi. Terutama demonstrasi gag tentu arah macem yang dilakukan para supir taksi hari ini. Bikin banyak kerugian aja. Ribet.



Sekarang coba bayangin. Traffic di jalan-jalan protokol Jakarta pas taksi-taksi ini gag mogok plus demo aja ricuhnya udah kek apaan tau. Nah ini taksi pada mogok sepanjang jalan Gatot Subroto. Itu jalanan disisain 2 jalur doang dari tadinya ada 5 jalur termasuk jalur busway. Terus mereka pada sweeping supir taksi lain yang masih beroperasi untuk ikut aksi mereka. Kalo gag mau ikutan, mobilnya diancurin. Bahkan ada ibu-ibu gendong anaknya yang dipaksa turun dari taksi sama para kang taksi yang lagi mogok. Tokay deh.



Gini ya. Menurut gue kalo soal pendapatan jadi menurun semenjak adanya Uber atau GrabCar, harusnya demo dan mogoknya ke perusahaan taksinya. Minta supaya perusahaan taksi tempat mereka bernaung bikin sesuatu yang, kalo gag bisa lebih, sama canggihnya kayak para penyedia mobil tambangan online. Jangan malah ricuh dan bikin orang-orang sulit.



Ini sekarang pada mogok beroperasi dengan cara parkir di sepanjang jalan dan bikin macet. Yang masih nekat beroperasi disweeping. Penumpangnya diturunin paksa sebelum sampe tujuan. Lalu berharap apa emang dari semua itu? Yang ada calon penumpang pada kehilangan simpati pada para supir taksi. Terus mereka naik GrabCar atau Uber biar kegiatan mereka tetap lancar. Toh mobil tambangan pilihannya sekarang udah bukan cuma taksi aja. Para supir taksi yang lagi mogok pun gag bakal ada yang tahu kalo mobil berplat hitam yang lewat di depan mereka itu ternyata adalah mobil supir Uber dan GrabCar karena gag keciri. Udah deh hari ini gag bawa pulang duit karena seharian ikutan mogok dan demo gag meaning yang bikin penduduk Jakarta malah maki-maki kelakuan mereka dan bikin saham perusahaan tempat mereka bernaung nilainya turun. Duhilah...



Seharusnya taksi-taksi ini pada berbenah bukannya malah nyalahin kompetitor. Tingkatkan pelayanan, ganyang itu supir-supir taksi nakal yang hobi ngotak-ngatik mesin argo dan ngajak penumpang yang gag tau jalan untuk muter sejauh yang mereka bisa padahal tujuannya gag sejauh itu supaya argonya menampilkan angka yang banyak, dan permudah sistem pemesanan. Gue pernah loh berniat pesen taksi lewat telpon biar itu taksi berenti depan gang karena kudu bawa berdus-dus kue nyokap ke Cikini tapi operatornya bilang gue kudu nunggu itu taksi dateng sejam lagi. Ain't nobody got time for that! Bandingkan dengan GrabCar yang bahkan gag membiarkan lo menunggu lebih dari 15 menit untuk mendapatkan mobil.



Buat gue sendiri, terlalu banyak celanya taksi. Jadi begitu hape gue bisa pake aplikasi transportasi online macem Grab dan Gojek, gue say goodbye sajalah sama taksi. Iya, keseluruhan tulisan ini boleh disebut sebagai postingan sakit hati sepihak dari gue. Tapi gue rasa kalo ada yang pernah ngerasain pas naik taksi angka argonya naik setiap 4 detik atau diajak muter-muter sama supir taksi padahal tujuan lo deket, mungkin mereka akan sependapat sama gue.





That's All Folks!

No comments:

Post a Comment